Minggu, 09 Januari 2011

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS SISWA KL VIII

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah proses dengan metode-
metode tertentu sehingga siswa memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan
cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan (Muhibbin Syah,
2004:10).
Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang
amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena
dengan adanya pendidikan dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas
Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan merupakan sarana untuk
menyiapkan generasi masa kini dan sekaligus masa depan. Hal ini berarti
bahwa proses pendidikan yang dilakukan pada saat ini bukan semata-mata
untuk hari ini, melainkan untuk masa depan.
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan
cara memperbaiki proses belajar mengajar. Belajar mengajar pada dasarnya
adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam
situasi pendidikan. Oleh karena itu, guru dalam mengajar dituntut kesabaran,
keuletan dan sikap terbuka disamping kemampuan dalam situasi belajar
mengajar yang lebih aktif.
Guru dapat memilih dan menggunakan strategi yang tepat guna dalam
upaya mencapai tujuan pembelajaran. Karena strategi merupakan salah satu
alat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang memungkinkan materi
1 2
pelajaran yang tersusun dalam suatu kurikulum pendidikan. Strategi
pembelajaran yang tidak tepat guna akan menjadi penghalang kelancaran
jalannya proses belajar mengajar. Oleh karena itu, strategi yang diterapkan
seorang guru, baru mendapat suatu hasil yang optimal jika mampu
dipergunakan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Dalam proses belajar mengajar pasti terdapat beberapa kelemahan
yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Dari hasil observasi diketahui bahwa
proses pembelajaran biologi kelas VIII G SMP AL-Islam 1 Surakarta tahun
ajaran 2008/2009 ditemukan kelemahan-kelemahan yaitu: 1) Siswa kurang
memperhatikan penjelasan guru pada setiap pembelajaran, 2) Guru
menciptakan suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan, 3)
Kurangnya kesadaran siswa dalam pembelajaran biologi. Keadaan seperti itu
membuat siswa beranggapan bahwa biologi merupakan pelajaran yang
membosankan. Akibatnya siswa tidak termotivasi untuk mempelajari biologi
dengan baik sehingga hasil belajar yang dicapai rendah. Dalam hal ini guru
dituntut lebih kreatif untuk mempersiapkan pembelajaran yang akan
dikembangkan. Selain itu, guru harus pandai memilih jenis strategi
pembelajaran yang relevan dengan materi yang akan disampaikan. Hal ini
tentunya akan mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar lebih rajin
sehingga memperoleh hasil belajar yang tinggi.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu penelitian tindakan
yang akar permasalahannya muncul di kelas dan dirasakan langsung oleh guru
yang bersangkutan sehingga sulit dibenarkan jika ada anggapan bahwa 3
permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) muncul dari rekayasa
peneliti. Oleh karena itu, perlu adanya bukti dari sekolah sehingga hasil
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilakukan bukan merupakan
rekayasa peneliti.
Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti atau guru dapat
melihat sendiri praktik pembelajaran atau bersama guru lain melakukan
penelitian terhadap siswa dilihat dari segi aspek interaksinya dalam proses
pembelajaran. Guru secara reflektif dapat menganalisis dan mensintesis
terhadap apa yang telah dilakukan di kelas. Dalam hal ini berarti dengan
melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), guru dapat memperbaiki
praktik-praktik pembelajaran sehingga menjadi lebih efektif.
Tujuan utama Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah untuk
memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas. Kegiatan
penelitian ini tidak saja bertujuan untuk memecahkan masalah tetapi sekaligus
mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut tidak dapat dipecahkan dengan
tindakan yang dilakukan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), juga bertujuan
untuk meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pengembangan
profesionalnya. Pada intinya PTK bertujuan untuk memperbaiki berbagai
persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran di kelas
yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang
belajar.
Strategi Index Card Match (Mencari Pasangan) adalah suatu strategi
pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar aktif dan bertujuan agar 4
siswa mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya
kreatifitas. Strategi ini bisa digunakan sebagai strategi alternatif yang dirasa
lebih memahami karakteristik siswa. Karakteristik yang dimaksud disini
adalah bahwa siswa menyukai belajar sambil bermain, maksudnya dalam
proses belajar mengajar, guru harus bisa membuat siswa merasa tertarik dan
senang terhadap materi yang disampaikan sehingga nantinya tujuan
pembelajaran dapat dicapai.
Pokok bahasan fotosintesis merupakan pokok bahasan kelas VIII SMP.
Materi fotosintesis meliputi sejarah penenuan fotosintesis, proses fotosintesis,
bagian daun yang berperan dalam fotosintesis dan pengambilan zat-zat oleh
tumbuhan dari lingkungan.. Dalam pokok bahasan tersebut siswa diharapkan
dapat mengidentifikasi bagian daun yang berperan dalam proses fotosintesis,
mengetahui langkah percobaan fotosintesis, dan menjelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi fotosintesis. Dengan menggunakan strategi pembelajaran
aktif “Index Card Match” diharapkan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam
memahami pokok bahasan fotosintesis dan mampu mengaktifkan siswa
dalam proses pembelajaran. Suasana yang ada di kelas akan menjadi menarik
sehingga pembelajaran tidak monoton hanya dari guru dan siswa tidak
mengalami kebosanan.
Menurut Intan Azizah dalam skripsi yang berjudul “Efektivitas
Strategi “Card Sort” dan Index Card Match” Dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Di Kelas IV SD Negeri Saren 2 Kalijambe Sragen Tahun Ajaran
2005/2006” diperoleh hasil bahwa strategi “Index Card Match” lebih efektif 5
daripada strategi “Card Sort”. Hal ini dapat dilihat ketika guru menyampaikan
materi dengan strategi tersebut, siswa merasa senang dan tertarik untuk belajar
sehingga pembelajaran tidak membosankan selama mengikuti proses belajar.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan akan
dilakukan penelitian dengan judul “PENERAPAN STRATEGI
PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN)
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK
BAHASAN FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII

B. Pembatasan Masalah
Agar penelitian ini lebih terarah perlu dibatasi permasalahannya
sebagai berikut:
1. Obyek Penelitian
Obyek penelitian yaitu siswa kelas VIII
2. Subyek Penelitian
Subyek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi
pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) untuk meningkatkan
hasil belajar Biologi dengan peningkatan secara signifikan.
3. Pokok Bahasan
Pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian adalah fotosintesis.
6
C. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan pembatasan masalah di atas
maka dapat dirumuskan suatu permasalahan akan diteliti sebagai berikut:
Apakah penerapan strategi pembelajaran Index Card Match (Mencari
Pasangan) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pokok bahasan
Fotosintesis siswa kelas VIII ?

D. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar Biologi pada pembelajaran Biologi dengan menerapkan strategi
pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) pokok bahasan
fotosintesis siswa kelas VIII

E. Manfaat Penelitian
Suatu penelitian akan bernilai jika dapat memberikan manfaat bagi
sebagian pihak. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
1. Manfaat Teoritis
a. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam
pengembangan dunia pendidikan mengenai penerapan strategi
pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan). 7
b. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan
pemahaman bagi guru Biologi tentang manfaat diterapkannya strategi
pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) untuk
menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi sekolah dapat digunakan sebagai acuan menerapkan strategi
pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) demi
tercapainya ketuntasan belajar siswa.
b. Bagi guru Biologi dapat digunakan sebagai acuan dalam pemilihan
strategi pembelajaran yang baik agar proses pembelajaran akan
menjadi menarik dan tidak monoton.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar